Langkah Mudah Cek Bansos PKH dan BPNT Mei Juni 2023

Langkah Mudah Cek Bansos PKH dan BPNT Mei Juni 2023

ilustrasi langkah mudah cek bansos pkh dan bpnt--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berikut cara mencek nama penerima Bansos 2023 BPNT dan PKH periode Mei Juni 2023 di laman cekbansos.kemensos.go.id dengan menggunakan data Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Beberapa bansos yang kembali digulirkan untuk Mei dan Juni 2023 ini adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako. 

Seperti sebelum-sebelumnya, Kemensos menyediakan website resmi cekbansos.kemensos.go.id sebagai fasilitas untuk melakukan cek penerima bansos secara online. 

BACA JUGA:Bansos BPNT Mei Juni Cair Rp400 Ribu, Cek Aplikasi SIKS-NG

BACA JUGA:Kantor Pos Sediakan Layanan Pinjaman Uang Hingga Rp 250 Juta, Siapkan Syaratnya!

Masyarakat yang hendak mengakses cekbansos.kemensos.go.id hanya perlu menyiapkan kuota internet dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data. 

Untuk diketahui, PKH dan BPNT Kartu Sembako merupakan dua bansos yang diberikan khusus kepada masyarakat dari keluarga miskin atau rentan miskin. 

Biasanya, bansos PKH dan BPNT disalurkan bersamaan kepada keluarga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Namun bedanya, bantuan PKH diberikan kepada keluarga dengan kategori tertentu seperti ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah, penyandang disabilitas berat dan lansia.

Menjelang penyaluran PKH dan BPNT 2023, masyarakat dapat segera memastikan diri terdaftar di DTKS. Berikut cara cek penerima bansos secara online; 

BACA JUGA:Lebih 100 Warga Bengkulu Terjangkit HIV/AIDS, Ada Ibu dan Anak

  • 1. Buka link cekbansos.kemensos.go.id di web browser HP. 
  • 2. Siapkan KTP untuk mengisi data pribadi. 
  • 3. Lengkapi satu per satu alamat domisili mencakup Provinsi, Kabupaten hingga Desa. 
  • 4. Tulis nama lengkap di kolom Nama PM.  
  • 5. Masukkan kode huruf yang sesuai dengan gambar. 
  • 6. Pilih 'Cari Data'. 

Selanjutnya bila sistem menunjukkan keterangan berupa Nama Penerima, Umur dan deretan jenis bansos, itu artinya Anda sudah terdaftar sebagai penerima salah satu bantuan, PKH atau BPNT 2023. 

Untuk menguatkannya, pastikan dalam kolom PKH atau BPNT termuat informasi dalam format Status (YA), yang menandakan bahwa Anda terdaftar sebagai salah satu penerima bansos tersebut. 

Kemudian bila Kemensos telah menentukan jadwal pencairan, penerima akan menerima surat undangan berisi tanggal pencairan dan besaran bansos yang diperoleh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: