Inilah Golongan yang Pertama Masuk Surga, Wanita Lebih Banyak?

Inilah Golongan yang Pertama Masuk Surga, Wanita Lebih Banyak?

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Surga diciptakan Allah untuk mereka yang senantiasa melakukan amal kebaikan. Meskipun setiap orang sangat menginginkannya, tetapi tidak semua orang dapat masuk ke dalamnya.

Umat muslim punya banyak cara untuk dapat masuk surga. Karena surga sendiri telah memiliki kriteria orang yang akan menetap di dalamnya. Oleh karenanya, semua tergantung kepada diri masing-masing ingin masuk dengan kriteria apa.

Berdasarkan Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, orang yang pertama masuk surga adalah umat Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda:

"Kita adalah orang-orang pertama yang masuk surga di hari kiamat, meskipun mereka diberi kitab suci terlebih dahulu, dan kita diberi kitab suci belakangan," (HR Bukhari, Muslim, dan An-Nasa'i)

BACA JUGA:Mau Dapat Bonus Taman di Surga, Ustadz Adi Hidayat Ajak Amalkan ini

Hal itu juga dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW juga pernah menyebut tentang golongan pertama yang masuk surga. Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Kelompok pertama yang masuk surga rupanya bagaikan bulan di malam purnama. Mereka tidak meludah di dalamnya, tidak beringus, dan juga tidak buang air besar. Bejana-bejana mereka di dalamnya dari emas. Sisir mereka dari emas dan perak. Perapian mereka dari kayu bidara. Keringat mereka adalah minyak kasturi. Masing--masing dari mereka memiliki dua orang istri yang terlihat sumsum tulang keringnya dari balik dagingnya karena kecantikannya. Tidak ada perbedaan di antara mereka dan tidak ada saling marah. Hati mereka adalah hati yang satu. Mereka dalam keadaan bertasbih kepada Allah pagi dan petang,"

BACA JUGA:Masyaallah! Ustadz Adi Hidayat Jelaskan 6 Golongan ini Akan Masuk Surga Tanpa Hisab

Dikutip dari buku Kisah-kisah Gaib dalam Hadits Shahih susunan Dr Umar Sulaiman Al Asyqar, hadits di atas diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Adapun, syarah mengenai hadits tersebut ialah Nabi SAW menyampaikan kepada umat Islam mengenai orang-orang yang sampai di puncak dalam urusan agama dan istiqamah sebagai golongan yang masuk ke dalam surga pertama kali.

Golongan yang pertama masuk surga ialah golongan yang berhasil mewujudkan sifat-sifat sempurna dengan kesempurnaan ubudiah bagi Allah SWT. Mereka tidak buang air besar karena di dalam surga tidak ada najis atau kotoran, namun bukan berarti mereka tidak makan dan minum.

Selain itu, Allah SWT juga menyempurnakan rupa mereka secara lahir, begitu pun dengan akhlak dan batin mereka, sehingga tidak ada perbedaan yang akan menimbulkan saling memarahi atau mendengki seperti saat di dunia. Diketahui, ciri dari kelompok yang pertama masuk surga adalah orang-orang yang sempurna mewujudkan agama Islam, seperti Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Apakah Penghuni Surga Tak Pernah Tidur? Begini Hadistnya

Ahli tafsir juga menyebut bahwa di surga lebih banyak dihuni oleh wanita dibandingkan laki-laki, mengingat nash hadits yang menyatakan setiap pria memiliki dua orang istri. Hal tersebut tidak bertentangan dengan jumlah wanita yang lebih banyak menjadi penghuni neraka seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits shahih.

BACA JUGA:Wanita Wajib Tahu, 4 Syarat Agar Bebas Pilih Pintu Surga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: