Honda Bakal Rilis Motor Listrik Buatan Indonesia Tahun Ini

Honda Bakal Rilis Motor Listrik Buatan Indonesia Tahun Ini

Honda Bakal Rilis Motor Listrik Buatan Indonesia-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) akan merilis dua motor listrik tahun ini. Bocorannya motor listrik itu juga akan dirakit di Indonesia.

"Mudah-mudahan di semester dua ini lah, langsung dua model, kami akan rakit di sini semuanya nantinya," kata Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya dilansir dari detikoto. 

Honda belum membocorkan informasi model mana yang akan dijual dan diproduksi dalam negeri. 

Tapi seperti diketahui, PT AHM sudah membawa beberapa model, di antaranya Honda Benly e, Honda Gyro e, Honda PCX Electric, dan Honda EM1 e. 

Selain produk, ekosistem yang sudah dibawa ke Indonesia termasuk juga stasiun pertukaran baterai Honda Mobile Power Pack.

PCX Electric sudah dikenalkan sejak 2019 lalu. Dan selama 4 tahun terakhir setelah peluncuran PCX Electric, AHM pun mengembangkan studi bersama berbagai pihak dalam ekosistem sepeda motor listrik serta menawarkan skema bisnis penyewaan kepada perusahaan dalam mendukung operasional bisnis di berbagai lini.

Selain itu, AHM juga turut mendukung program pemerintah Indonesia dalam percepatan elektrifikasi kendaraan bermotor melalui partisipasinya dalam rangkaian acara Presidensi G20 Bali melalui bantuan 25 unit Honda PCX Electric sebagai motor operasional selama kegiatan The 3rd Trade, Investment, and Industry Working Group Meeting and Ministerial Meeting hingga puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022 lalu.

Sementara dua model motor listrik lainnya, Honda Benly e:, dan Honda Gyro e:, merupakan dua produk global Honda yang sudah dipamerkan selama IMOS 2022.

Terbaru, AHM sudah mengenalkan motor listrik EM1 epada pameran Indonesia International Motor Show 2023. 

Motor tersebut belum dijual tapi Presiden Jokowi pernah bertanya soal harga EM1 e yang kala itu dijawab Thomas di atas Rp 25 juta.

"Tunggu saja tanggal mainnya," kata Thomas soal motor listrik apa yang bakal diluncurkan.

Pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik baru. Tapi syaratnya harus memiliki tingkat kandungan dalam negeri minimal 40 persen (TKDN). 

Apakah motor listrik Honda bisa kena potongan Rp 7 juta alias memenuhi syarat?

"Dengan subsidi kan pasti membuat pasar jadi menarik, potensi juga meningkat harapannya, tentu kami juga berusaha untuk bertahap bisa memenuhi TKDN yang diharapkan pemerintah yaitu 40 persen," kata Thomas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: