Bersiaplah, Perekrutan CPNS dan PPPK 2023 Bakal Dibuka Lebih Cepat

Bersiaplah, Perekrutan CPNS dan PPPK 2023 Bakal Dibuka Lebih Cepat

tes cpns--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi anda yang ingin mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK persiapkan diri anda. 

Pasalnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan kalender seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baik untuk formasi CPNS maupun PPPK.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni mengatakan, untuk penetapan formasinya akan diumumkan pada April 2023. 

"Sudah ada kalender, target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober kuartal III, sekarang kuartal II masuk formasi sudah ditetapkan dan kuartal III baru kita sudah mulai eksekusi," kata Alex saat dilansir dari CNBC, Jumat (27/01/2023).

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan Kerja, Batas Usia 59 Tahun

BACA JUGA:Perut Disabet, Marbot Masjid Tewas, Sempat Minta Bantuan Warga

Pola perekrutan ini kata dia akan paralel dengan selesainya rekrutmen PPPK tenaga teknis yang rencananya selesai pada Juni 2023. 

Dia mengaku tim dari lintas kementerian juga sudah mulai membuat soal-soal tes seleksi.

"Ini malah paralel tim sudah siapin soal kemarin sudah Kemendikbud, Kemenkes, dengan BPK, dengan BRIN, BSSN, selaku Panselnas, dengan BKN tentunya," tutur Alex.

Selain itu, ia juga mengungkapkan anggaran kebutuhan seleksi juga sudah ditetapkan. Namun, ia belum mau merincikannya termasuk dengan jumlah formasi yang dibuka untuk memenuhi kebutuhan pengadaan ASN tahun ini.

"Anggaran sudah, Kemendikbud sudah oke, masing-masing daerah sudah di earmark untuk anggaran PPPK itu sekarang kita minta di crosscheck. Anggaran guru di crosscheck Kemendikbud, anggaran nakes dicrosscheck Kemenakes, lalu baru nanti teknis lainnya, Insya Allah April kita bungkus," tambahnya. 

Dipastikan pembukaan seleksi CASN pada tahun ini adalah untuk seluruh kebutuhan formasi, baik CPNS maupun PPPK dan terbuka untuk umum, tidak hanya bagi para calon dari sekolah kedinasan saja maupun khusus tenaga kesehatan maupun tenaga pendidikan.

Kemungkinan kebutuhan yang akan diambil lebih banyak di tahun ini sekaligus perekrutan PPPK yang mulai akan diberlakukan pengganti tenaga honor di pemerintahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: